Ogre atau object-oriented Graphics Rendering Engine adalah open source rendering engine grafik yang ditulis dan dimaintain oleh tim inti kecil. Ogre merupakan suatu aplikasi 3D yang bersifat open source. Berikut ini adalah file-file yg dibutuhkan untuk membuat aplikasi 3D dengan library OGRE3D (Object Oriented Graphics Rendering Engine) antara lain :
# Eclipse-CPP ganymede sebagai IDE C++
# MinGW toolbox sebagai GCC opensource compiler
# MYSYS sebagai GNU Terminal environment
# OGRE3D SDK sebagai rendering engine di OGRE SDK for Code::Blocks + MinGW C++ Toolbox , perlu diperhatikan bahwa kita menggunakan MinGW sebagai c++ compilernya
1. Pertama install MinGW Toolbox dan setelah itu lakukan setting environment variable, misalkan anda menginstalnya di D:\mingw, maka dalam environment variable kita set path dengan nilai D:\mingw\bin
2. untuk mengecheck apakah MinGW sudah terinstall dengan benar, ketik gcc –v pada command prompt
3. kemudian install MYSYS, jalankan setup MYSYS-1.0.10, kemudian setting path seperti yang dilakukan untuk menginstall MinGW seperti gambar dibawah berikut
4. untuk mengechecknya ketikan uname –a dicommand prompt
5. selanjutnya install OGRE, kemudian setting variable seperti MinGW dan MYSYS diatas, tetapi kita membuat variabel system baru yang bernama OGRE_HOME
6. Lalu extractlah file eclipse hasil download dan jalankan file eclipse.exe dalam folder eclipse
7. Setelah itu kita buat project baru dengan menekan alt+shift+n lalu pilihlah C++ Project, perhatikan gambar berikut :
8. Lalu selanjutnya kita akan membuat sebuah project aplikasi 3D yang memanfaatkan OGRE.
9. pilih empty project dengan toolchains MinGW
10. lalu klik project pada bagian project explorer lalu tekan alt+enter
11. Arahkan kebagian C/C++ Build -> Settings, Klik Manage Configurations lalu klik baris Release dan tekan Set Active dan klik OK.
12. Masuk ke bagian GCC C++ Compiler pada Tool Settings, selanjutnya ikutilah petunjuk table berikut ini untuk bagian-bagian properties pada pilihan Debug dan Release. Pastikan yang aktif adalah Release.
DEBUG
Preprocessor
Defined Symbols (-D):
• WIN32
• _WINDOWS
• _DEBUG
Directories
Include Paths (-l):
• “${OGRE_HOME}\include”
• “${OGRE_HOME}\samples\include”
Beserta kutip ” “
Miscellaneous
Bag. Other flags :
-c -fmessage-length=0 -mthreads -fexceptions -fident
RELEASE
Preprocessor
Defined Symbols (-D):
• WIN32
• _WINDOWS
• NDEBUG
Directories
Include Paths (-l):
• “${OGRE_HOME}\include”
• “${OGRE_HOME}\samples\include”
Beserta kutip ” “
Miscellaneous
Bag. Other flags :
-c -fmessage-length=0 -mthreads -fexceptions -fident
13. Mash pada bagian Tool Setting, masuk ke bagian MinGW C++ Linker ikutilah petunjuk table berikut ini untuk bagian-bagian properties pada pilihan Debug dan Release. Pastikan yang aktif adalah Release.
DEBUG
Libraries
Libraries (-l):
• OgreMain_d
• OIS_d
Library search path (-L):
• “${OGRE_HOME}\bin\debug”
Beserta kutip “
Miscellaneous
Bag. Other Options (-Xlinker[option]):
• –enable-auto-image-base
• –add-stdcall-alias
RELEASE
Libraries
Libraries (-l):
• OgreMain
• OIS
Beserta kutip “ Library search path (-L):
• “${OGRE_HOME}\bin\release”
Beserta kutip “
Miscellaneous
Bag. Other Options (-Xlinker[option]):
• –enable-auto-image-base
• –add-stdcall-alias
No comments:
Post a Comment