Oct 1, 2011

PERECANAAN DAN PENGREKRUTAN TENAGA KERJA

Perencanaan tenaga kerja ini menurut saya adalah bagaimananya sebuah wiraswsta atau perusahaan agar jumlah kebutuhan tenaga kerja masa kini dan masa depan sesuai dengan beban pekerjaan, kekosongan-kekosongan dapat dihindarkan dan semua pekerjaan dapat dilaksanakan. Agar nantinya perusahaan bisa bekerja secara optimal. Tapi hindarkan terlalu banyak tenaga kerka, hal itu dikarnakan bisa membuang buang modal untuk pembayaran sdm.
Carilah tenaga kerja yang memiliki kualitas yang baik. Banyak orang orang jaman sekarang yang memiliki nilai akademik yang baik namun kualitas dari orang itu jauh dibawah dari nilai akademik yang dia peroleh.

Perekrutan tenaga kerja adalah untuk mencari calon pegawai yang akan ditempatkan disetiap perusahaan yang membutuhkan. disini setiap calon pegawai akan mendapatkan beberapa seleksi. setiap calon pegawai terlebih dahulu mengajugkan lamaran dan daftar riwayat hidup atau CV. setelah itu masing-masing calon pegawai mendapatkan beberapa test berupa test tertulis, wawancara, dan proses seleksi yang lainnya. Setelah calon pegawai dinyatakan lulus, maka calon pegawai tersebut akan mendapatkan beberapa pelatihan dan penyuluhan seputar perusahaan yang akan dia tuju sesuai dengan bidangnya masing-masing. setelah dinyatakan dapat menguasai bidangnya tersebut, calon pegawai bisa disalurkan kesetiap perusahaan. sebelum memulai pekerjaanya, pegawai akan mendapatkan interview mengenai gaji bulanan yang diterima calon pegawai tersebut. disini calon pegawai tersebut akan mendapatkan gaji sesuai standard upah minimum yang ditetapkan pemerintah. ataupun calon pegawai mendapatkan upah yang besar sesuai dengan kemampuan yang diyakini sangat mempuni. Untuk itu, dari sekian banyak persiapan yang dilakukan hingga ke tahap penyaluran, manusia harus dipersiapkan dan diatur sesuai dengan kebutuhan yang ada sehingga dapat disalurkan dan dipekerjakan ke setiap perusahaan yang membutuhkan pegawai tersebut.

No comments:

Post a Comment