Oct 1, 2011

SUMBER DAYA MANUSIA

Jika menurut saya SDM itu adalah, suatu keahlian dari seseorang yang dipakai oleh sebuah perusahaan atau sebagai macamnya untuk melakukan pekerjaan pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Sebagai contohnya adalah saya ingin mencari sdm untuk pekerjaan menjahit, kita mencari sdm yang bisa melakukan keahlian tersebut, tidak mungkin jika kita menginginkan sdm untuk mengerjakan seseuatu pekerjaan menjahit kita mencari sdm yang bisa melakukan keahlian lain. Di zaman yang sekarang ini sdm banyak sekali yang berpendidikan dan memiliki keterampilan tinggi, dan ada pula sdm yang memiliki nilai akademik saja yang baik teteapi skill yang dia punyai tidak seperti nilai akademik yang dia miliki

untuk sumber yang lain saya mengcopy dari wikipedia, silahkan disimak hehe

Sumber daya manusia atau biasa disingkat menjadi SDM potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam pengertian praktis sehari-hari, SDM lebih dimengerti sebagai bagian integral dari sistem yang membentuk suatu organisasi. Oleh karena itu, dalam bidang kajian psikologi, para praktisi SDM harus mengambil penjurusan industri dan organisasi.

Sebagai ilmu, SDM dipelajari dalam manajemen sumber daya manusia atau . Dalam bidang ilmu ini, terjadi sintesa antara ilmu manajemen dan psikologi. Mengingat struktur SDM dalam industri-organisasi dipelajari oleh ilmu manajemen, sementara manusia-nya sebagai subyek pelaku adalah bidang kajian ilmu psikologi.

Dewasa ini, perkembangan terbaru memandang SDM bukan sebagai sumber daya belaka, melainkan lebih berupa modal atau aset bagi institusi atau organisasi. Karena itu kemudian muncullah istilah baru di luar H.R. (Human Resources), yaitu H.C. atau Human Capital. Di sini SDM dilihat bukan sekedar sebagai aset utama, tetapi aset yang bernilai dan dapat dilipatgandakan, dikembangkan (bandingkan dengan portfolio investasi) dan juga bukan sebaliknya sebagai liability (beban,cost). Di sini perspektif SDM sebagai investasi bagi institusi atau organisasi lebih mengemuka.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_daya_manusia





No comments:

Post a Comment